Laman

Sabtu, 31 Desember 2011

RULES ABOUT AIRSOFT

K O D E   E T I K   A I R S O F T   S P R I N G   G U N
A C E R   S H O O T E R   T E A M

Airsoftgun spring diciptakan untuk memenuhi hasrat pecinta senjata pengguna spring untuk mengalami pengalaman menembakkan senjata yang relatif aman untuk pengguna individu dan pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan/skirmish jika dalam suatu komunitas.
Setiap komunitas pada umumnya dan yang baik serta bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri, namun memiliki kesamaan prinsip demi keamanan dan kelangsungan hobby ini sendiri. Hobby ini termasuk hobby unik yang berbeda dengan hobby-hobby lainnya. Karena menggunakan alat permainan dan aksesoris lainnya yang merupakan replika dari senjata sebenarnya. Tampak dan kesan yang diperlihatkan dari alat permainan ini jika tidak bijak dalam memperlakukannya akan dapat merugikan orang lain dan pelaku hobby ini sendiri. Karena itu jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak mematuhi kode etik penggunaan airsoft gun spring, mereka layak untuk tidak dianggap atau dikucilkan dari komunitas.
Jika Teman-teman ingin mengikuti kegiatan airsoft atau tertarik untuk menggeluti hobby ini, sepatutnya Anda membaca garis besar Peraturan  yang dibuat Acer Shooter Team sebagai pengguna Airsoft Spring di bawah ini :
Pedoman Keselamatan Umum
1)     Perlakukan unit airsoft spring Anda seperti senjata sebenarnya. Dengan memperlakukan unit airsoft Anda seperti senjata sebenarnya, Anda dapat membiasakan diri untuk tidak membahayakan diri Anda maupun diri orang lain. Walaupun mainan, hobby ini cukup berbahaya jika kita tidak mendisplinkan diri dan mematuhi peraturan yang sudah disepakati dalam memakai atau memperlakukan airsoft.
2)     Biasakanlah untuk memperlakukan unit airsoft Anda seakan-akan airsoft Anda selalu dalam kondisi terisi peluru. Walaupun Anda yakin Anda baru saja mengeluarkan peluru (BB Bullet) atau magazine, karena hampir semua kecelakaan adalah karena kekhilafan manusia (human error), bisa saja kita lupa dan tidak sengaja di dalam berbuat. Karena itu patuhilah pedraturan di atas.
3)     Jangan mengarahkan laras airsoft Anda pada seseorang maupun sesuatu yang bukan sasaran yang ingin Anda tembak, Anda dapat tidak sengaja menyakiti orang lain atau merusak benda-benda di sekitar anda.
4)     Jangan membiasakan diri meletakan jari Anda pada trigger / pemicu. Jauhkan jari dari trigger ketika tidak menggunakan unit airsoft Anda. Juga selalu kunci unit airsoft Anda saat tidak digunakan.
5)     Selalu kosongkan magazine unit airsoft Anda bila tidak digunakan. Selain untuk alasan keselamatan, Anda dapat memperpanjang umur mekanisme pegas yang ada dalam magazine.
6)     Selalu lepaskan battery atau dan kunci airsoft Anda bila sedang tidak digunakan.
7)     Jangan bermain di dalam area yang terdapat benda-benda yang mudah pecah dan area yang banyak orang berkumpul, peluru dapat memantul dan dapat melukai penghuni lain atau merusak barang yang ada. Jika memiliki balita, peluru (BB Bulet) sangat menarik bagi mereka karena berwarna-warni, jika ditelan akan dapat membuat balita tersedak, sehingga sangat berbahaya jika kita tidak menjauhkan peluru tersebut dari jangkauan anak-anak/ balita.
Peraturan Keselamatan Pribadi
1)     Jangan gunakan unit airsoft Anda untuk tindakan iseng / usil. Selain dapat melukai, tindakan Anda pun dapat dituntut secara hukum, dan imbasnya rekan-rekan Anda dapat kehilangan kesempatan bermain atau memiliki airsoft jika sampai dilarang.
2)     Selalu gunakan tutup pengaman unit airsoft Anda bila tidak sedang digunakan seperti pelindung mata/kaca mata anti peluru (goggle), pelindung muka (facemask), pelindung tubuh (body armour) serta pelindung siku/lutut (pads). Ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selain bila Anda biarkan unit airsoft Anda tetap terbuka.
3)     Selalu pilih tempat yang aman untuk menggunakan unit airsoft Anda. Hindari tempat-tempat umum/ramai yang banyak dilalui oleh orang maupun kendaraan seperti taman, hall, tempat parkir, dll.
4)     Selalu simpan unit airsoft Anda dalam tempat yang aman dan tertutup (gunbag, dus kemasan airsoft, dll) dengan posisi trigger terkunci. Jangan biasakan membawa unit airsoft Anda secara ekspresif, selain dapat menakut-nakuti orang lain, Anda dapat mengundang polisi dan berakibat kepada ekses hukum.
5)     Lepaskan magazine peluru secara hati-hati. Kadangkala masih ada peluru yang tertinggal dalam unit airsoft Anda.
6)     Cara yang aman adalah menembakannya ke arah kosong/atas, sebelum Anda menyimpannya.
7)     Jika tidak digunakan, biasakan untuk menjauhkan jari Anda dari trigger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
8)     Jika diperlukan, bagi pemain diwajibkan membawa perlengkapan P3K sebagai antisipasi perlindungan terhadap pemain yang cidera.
Pedoman dalam permainan
1)       Selalu gunakan pengaman mata (safety goggle) atau masker tertutup (seperti pada olahraga motorcross) serta pelindung kepala untuk keselamatan Anda dari tembakan langsung maupun kemungkinan pantulan dari peluru.
2)       Gunakan pakaian yang baik (lengan panjang dan agak tebal). Akan lebih berguna jika Anda menggunakan seragam militer / army daripada sekedar t-shirt saja.
3)       Penggunaan sarung tangan, pelindung siku dan lutut serta sepatu militer/polisi juga disarankan sebagai perlindungan sekunder.
Patuhi peraturan permainan. Peraturan permainan dapat berbeda-beda di lain tempat, tetapi peraturan yang dibuat Acer Shooter Team dapat dijelaskan  antara lain adalah sbb:
1)       Sebelum permainan dimulai perlu adanya briefing untuk pemain airsoft untuk dijelaskan tentang peraturan tambahan atau misi yang akan direncanakan, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.
2)       Jika diperlukan sebelum permainan perlu dilakukan kegiatan pemanasan (streching) ± 15 menit bagi pemain, kerena permainan ini selain menggunakan strategi juga menggunakan fisik  dengan tujuan agar terhindar keram pada otot serta memberikan kebugaran bagi fisik bagi  pemain Airsoft.
3)       Pastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat jasmani.
4)       Anda tidak diperkenankan untuk bermain jika Anda sedang dalam pengaruh  obat / alkohol yang tidak memperkenankan Anda melakukan aktifitas berat.
5)       Tidak diperkenankan menembak bagian leher ke atas sebagai sasaran tembak.
6)       Jika sasaran/musuh Anda berada dalam jarak 3 meter atau kurang, teriakan peringatan untuk menyerah. Jika sasaran/musuh menyerah, Anda tidak diperkenankan untuk menembaknya. Sebaliknya jika sasaran/musuh tidak menyerah, Anda diperkenankan menembak ke arah kaki/tangan.
7)       Tidak diperkenankan berlindung dibelakang pemain yang telah kena tembak (tereliminasi) atau berbaur dengan yang bukan peserta permainan.
8)       Tidak diperkenankan untuk mengambil barang/perabot di area lokasi permainan yang bukan miliknya untuk dijadikan tameng (alat perlindungan) pada saat permainan. Gunakan alat perlindungan permainan Airsoft yang sesuai standart.
9)       Kontak fisik antar pemain Aisrsoft tidak diperbolehkan kecuali sentuhan ringan di badan, senjata atau aksesoris lain untuk menandakan eliminasi lawan.
10)   Hentikan tembakan Anda, jika sasaran/musuh Anda telah mengaku tertembak.
11)   Jika Anda tertembak, harus mengkonfirmasikan dengan cara berteriak HIT, DEAD atau OUT dengan mengangkat tinggi senjata diatas kepala dengan satu atau dua tangan sambil meninggalkan area permainan. Lalu segeralah berjalan ke luar arena permainan yakni ke arah tempat perlindungan (safety zone) dengan tangan terus diangkat sampai ke tempat aman. Jika tidak, Anda dapat dikira sebagai pemain aktif dan ditembaki lagi.
12)   Jangan menembak ke arah tempat perlindungan (safety zone) serta bagi pemain dilarang bersembunyi di area/tempat tersebut.
13)   Hentikan tembakan Anda apabila terdapat non-pemain (orang umum) yang berlalu-lalang di sekitar area permainan, yaitu mengkonfirmasikan dengan cara berteriak STOP sambil menyembunyikan senjata dibelakang punggung (senjata + seling) dengan mengangkat satu tangan kiri dan tangan kanan menjulur kedepan serta membuka telapak tangan (aba-aba berhenti). Lalu segeralah berjalan ke luar arena permainan dan mencari tempat yang aman dari zona publik.   
14)   Pemain yang mengalami kerusakan teknis atau kehabisan amunisi tetapi masih ingin melanjutkan permainan, harus mengatasi sendiri masalahnya tanpa meminta bantuan satu team. Bila tidak dapat diatasi dianggap tereliminasi.
15)   Pemain yang tertembak oleh satu rekan team, dikategorikan Direct hit.
16)   Ketika Anda berada di luar arena permainan, lakukan prosedur keamanan pribadi seperti dijelaskan pada aturan  di atas. 
17)   Apabila pemain kedapatan tidak mematuhi aturan diatas dapat diberikan peringatan oleh Leader/Marshal atau pemain lainnya. Bila peringatan ini diindahkan, yang bersangkutan dapat dikeluarkan dari permainan dan atau tidak diperbolehkan untuk mengikuti permainan berikutnya (eliminasi).
18)   Pada saat selesai permainan (area dalam bangunan/lokasi permainan) diwajibkan setiap pemain untuk melakukan kegiatan ”gladi bersih” sebagai perapian, kebersihan, dan penataan kembali barang/perabot serta butiran peluru yang tidak sengaja berserakan di lokasi permainan.

Sebagi penutup permainan, perlunya adanya briefing kembali untuk bahan evaluasi bagi pemain airsoft ditiap akhir sesi kegiatan, kemudian dilanjutkan oleh doa penutup.

B E R S I K A P   J U J U R,   D I S P L I N   D A N   B E R T A N G G U N G

   J A W A B   M E R U P A K A N   K U N C I   K E S U K S E S A N

D A L A M    S U A T U   T E A M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar