Laman

Sabtu, 18 Februari 2012

TIPS KACAMATA ANTI FOGGING

Sebenarnya dapat diabaikan untuk membuat postingan seperti ini, karena sampai saat ini aman2 saja. Saat saya dan teman2 saya maen airsoft, terutama ditempat yang kadar kelembabanya tinggi sering mengalami kejadian fogging pada kacamata pelindung. perlu diketahui bahwa kacamata/google kami tidak ada yang anti fogging. Sehingga saat mengalami fogging, seorang anggota harus melepas kacamata tersebut, lalu membersihkannya. walaupun sudah disafety zone ataupun melihat situasi yang aman, praktik ini cukup berbahaya, karena tipikal bermain airsoft kami yang cenderung stealth/senyap/diam2. sehingga masing2 personil tidak mengetahui posisi lawannya. sering terjadi seseorang sedang membersihkan googlenya pada saat terjadi serangan, tentunya hal ini bisa berakibat fatal. untungnya sampai saat ini belum jatuh korban akibat fogging. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi saya akan berikan sebuah tips pada teman2 agar terhindar dari bahaya.

AGAR GOOGLE / KACAMATA TIDAK BEREMBUN:
BAHAN DAN ALAT:
  1. Siapkan sabun cuci cair Sunlight.
  2. Siapkan Tisu wajah / Tisu lembut yang kering
  3. Siapkan jari tangan sendiri (kondisi bener2 kering dan bersih)
CARANYA:
  1. Teteskan 1 tetes Sunlight pada bagian dalam lensa google. Sekali lagi bagian dalemnya.
  2. Ratakan pada jari tangan dengan lembut rata, dengan memutar (Kalau perlu tambahin tetesannya, tapi jangan terlalu banyak))
  3. Pastikan semua bagian dalam lensa sudah dioles rata
  4. Jari kita yang masih ada sabunnya tadi juga kita oleskan pada bagian luar google. sampe rata juga.
  5. Lap sampe kering dengan tisu lembut bagian dalamnya lebih dulu sampe kering.
  6. Lap juga bagian luarnya sampe bener2 kering.
  7. Coba dipake maen airsoft..
CATATAN:
  • Saat mengeringkan dan membersihkan sabun cair JANGAN PAKE AIR ATAU LAP BASAH
  • Saat mengeringkan/membersihkan sabun cair pada lensa lakukan dengan hati2. Prefer tisu karena akan meminimalisir resiko lensa tergores.
  • Lebih aman lakukan ini hanya ketika mau maen dengan resiko fogging saja
  • HATI_HATI!!!! Ada beberapa sabun cuci cair yang malah bikin rusak lensa. Sejauh yang ane gunakan, Sunlightlah yang paling memuaskan

2 komentar:

  1. ane pakai kacamata cougar untuk main futsal dan lensanya sudah diganti dengan kensa minus, sudah pakai cara sunlight ini kok tidak ampuh ya.
    apakah ada saran lain ??

    BalasHapus