Laman

Kamis, 22 Maret 2012

ADIT RESEARCH CENTER(Hop-Up Airsoft)

Kebanyakan pengguna airsoft memiliki pemahaman bhw FPS adl segalanya,... nambah sakit iya, tp nilai FPS (feets per second) ternyata bukan satu-satunya yg mempengaruhi jarak tempuh BB,...rahasianya adalah HOP-UP! Hop-up akan meningkatkan jarak tempuh 3x sd 5x. Bayangkan bl jarak tempuh airsoft Anda skrg 10m, bila menggunakan Hop-up menjadi 50m mungkin bisa lebih (tergantung kemampuan airsoft).

untuk itu,  cara ini dapat menambah realisme war game airsoft tanpa menambah rasa sakit.
kenapa makin real ? karena dari "real steel"-nya sendiri jarak tembak sampai ratusan meter bahkan ribuan, dengan hop-up sistem, realistis itu makin mudah dicapai.

Saya sendiri saat ini sedang melakukan riset mengenai mekanisme hop-up dan kinerjanya dalam jangka lama pada sebuah unit spring. Sedikit gambaran mengenai sistem kerja Hop-up kurang lebih seperti ini :


Hopup system merupakan sebuah mekanisme yang sederhana pada airsoft yang memungkinkan BB untuk mencapai jarak yang lebih jauh. 


 

Cara kerjanya sederhana. Di pangkal barrel dekat gerbox sebelum inlet BB, ditempatkan hopup yang biasanya terbuat dari karet. Karet ini akan membuat semacam "ganjalan" yang terletak persis dibagian atas barrel. Pada saat BB ditembakkan, maka bagian atas dari BB akan menabrak "ganjalan" karet ini sehingga BB berputar ke atas. Dengan demikian muncul momentum energi ekstra yang memberikan BB tenaga tambahan untuk meluncur lebih jauh lagi.

Ada dua versi hopup di airsoft yaitu:

Fixed hopup : Besarnya "ganjalan" karet tidak dapat diatur.
Adjustable hopup : Besarnya "ganjalan" karet bisa diatur. Dengan demikian kita bisa adjust untuk mengkompensasikan dengan berat BB yg digunakan, power dari airsoftnya sendiri serta jarak target.


Seperti disebutkan di atas, dengan adanya adjustable hopup kita bisa mengatur hopup untuk mengkompensasikan dengan faktor lain.

 Karena hopup ini menggunakan karet, maka apabila hendak membersihkan barrel atau mengeluarkan BB yg stuck di barrel agar berhati-hati. Jangan sampai pada saat dicolok2 menggunakan sticknya terlalu semangat jadinya malah mengenai karet hopup ini sehingga rusak. Begitu juga apabila membongkar karet hopup, pastikan "ganjalannya" berada pada posisi jam 12 pas, kalau miring-miring nantinya malah BB nya melayang2 nggak bener.

Saat riset saya selesai, dengan unit baru wajah lama, saya akan uji coba saat main ditinjomoyo,

1 komentar: